Enterpreneur

5 Ide Usaha di Bulan Ramadhan

ide usaha

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, sehingga setiap umat muslim berlomba – lomba untuk mempertebal keimanan dan memperbanyak ibadah. Tidak hanya itu zainers, banyak juga lho UMKM yang turut andil meramaikan bulan Ramadhan untuk menambah cuan.

Berikut 5 ide usaha di Bulan Ramadhan yang bisa bikin omsetmu berlipat ganda.

A. Ide Usaha

1. Sablon Kemasan

Sablon kemasan ini salah satu usaha yang bakal banyak permintaan di Bulan Ramadhan. karena banyak sekali UMKM pemula yang mulai berbisnis minuman atau makanan takjil di pasar malam atau pinggir jalan. Sehingga branding kemasan menjadi solusi untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan brand awareness ke masyarakat dan apabila setelah Ramadhan tetap melanjutkan bisnis sudah memiliki pelanggan tetap pastinya.

Sablon kemasan yang banyak dibutuhkan diantaranya paper bowl, cup plastik, paper bag, kantong plastik, paper box, dan tas spunbond.

2. Stiker Label

Kebutuhan cetak stiker label beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Karena sticker label ini dibutuhkan oleh berbagai industri, khususnya F&B dan Kosmetik lokal.

Di bulan Ramadhan ini kebutuhan sticker label semakin meningkat terutama di F&B, karena banyak catering rumahan yang menjual kue kering lebaran, UMKM yang menjual smoothie atau jus dan aneka dimsum.

Tapi peluang sticker label ini masih akan berlanjut lho meskipun Ramadhan telah lewat, mengingat bisnis skincare yang semakin marak di Indonesia. Kalian bisa lihat video lengkapnya di sini

3. Custom Cover Al-Qur’an

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam di mana umat Islam meningkatkan ibadah dan ketaatan. Banyak orang maupun instansi yang menjadikan Al-Qur’an sebagai hadiah agar dapat memberikan manfaat dan mendapatkan pahala dari orang yang menerimanya, agar semakin personal cover al quran dapat dibuat menjadi lebih menarik dengan mengganti cover yang ada, bahkan bisa dengan custom nama juga. Jadi bisnis custom cover Al-Qur’an memiliki peluang sangat besar pada bulan ramadhan.

4. Custom Hijab Sublim

Hijab Printing merupakan salah satu bisnis yang semakin meningkat di Indonesia. Karena selain Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim. Hijab sendiri sudah menjadi lifestyle muslimah yang memang di pasaran tersedia berbagai bahan seperti kain voal, madinah, sifon, satin, dsb. Bahkan saat ini beberapa brand ternama seperti Buttonscarves, UMAMA, dan Vanilla Hijab merambah ke printing sublimasi sehingga hijab tampil dengan desain yang modern dan lebih mewah.

5. Custom Kemasan Printing

Kemasan printing untuk bisnis F&B khususnya hampers / gift makanan dan minuman biasanya memiliki bentuk yang custom sesuai dengan dimensi produk di dalamnya. Ada yang model slop atau jinjing dan lainnya. Karena memang bentuk kemasan ini dibikin custom sesuai dengan identitas brand.

B. Potensi Bisnis

Bulan Ramadhan ini tentunya membawa peningkatan omset bagi pelaku bisnis F&B dan Fashion. Hal tersebut dipengaruhi adanya kebutuhan untuk mencari kudapan untuk berbuka puasa, memberi gift menjelang lebaran bahkan mempersiapkan pakaian terbaik untuk event buka puasa bersama maupun lebaran.

Peningkatan supply produk di atas tentunya menjadi peluang bagi pelaku bisnis digital printing, konveksi dan jasa kemasan untuk memenuhi kebutuhan pasar seperti custom packaging, cetak stiker label, produksi hijab sublim hingga custom cover Al-Quran.

C. Mesin Usaha yang Cocok 

1.  Mesin Sablon Cup Semi Otomatis

Mesin sablon kemasan merupakan salah satu mesin yang dirancang khusus untuk mencetak desain atau logo pada cup dengan bahan kertas atau plastik dengan teknik sablon manual. Mesin sablon cup semi otomatis kemasan memiliki 4 bentuk moulding yang dapat digunakan pada kemasan cup oval, cup datar, bowl, dan tatakan botol. Mesin ini dapat digunakan untuk proses sablon lebih dari 1 warna (multicolor) dengan kapasitas produksi 1000 pcs per hari dengan daya hanya sebesar 200 watt. Mesin sablon cup semi otomatis memiliki harga yang cukup terjangkau hanya sebesar 20 jutaan 

2.  Mesin Cutting Sticker INNOVATEC Auto Feeder A3+ Pro Servo Motor

Mesin Cutting Sticker INNOVATEC Auto Feeder A3+ dapat memenuhi kebutuhan cutting stiker label sesuai pola secara otomatis. Mesin ini mampu memotong 150 lembar sticker dalam 1 tray dan dilengkapi LCD dengan resolusi HD untuk memudahkan operasional mesin dengan jalur koneksi USB port dan wifi untuk memudahkan transfer data. Serta support Contour Cut dengan CCD Camera yang mampu membaca barcode, dot mark dan crop mark.

Mesin Cutting Sticker INNOVATEC Auto Feeder A3+ ini dapat memotong pada bidang objek dengan lebar maksimal 340 mm (A3+), tingkat presisi potong tinggi  (± 0,01mm), Kecepatan potong per lembar A3 hanya 47 detik, terlebih lagi mesin ini bisa membaca di bahan stiker metalize.

3. Mesin Hardcover Maker INNOVATEC A3

Mesin Hard Cover Maker INNOVATEC A3 dapat digunakan untuk membuat hardcover pada cover Al-Qur’an, buku, kamus maupun skripsi. Pada mesin ini terdapat lampu pada bagian alas dan kipas untuk mempercepat proses perekatan lem, terdapat tatakan untuk meratakan kertas pada sisi atas dan samping, alat potong sudut kertas dan alat penjepit sisi hardcover.

4. Mesin Printer Sublimasi LECAI Easyjet 1602 (Double Head)

Mesin Printer Sublimasi LECAI Easyjet 1602 (Double Head) memiliki double head Epson i3200, sehingga memiliki kecepatan cetak hingga 39 m2/jam untuk settingan 4 pass.  Mesin sublimasi ini dapat mencetak ke bahan transfer paper sublim roll sebelum dilanjutkan transfer ke media kain menggunakan mesin Heat Press sebagai pendukungnya. Hasil mesin sublimasi ini seperti Hijab Printing, Jersey, Selimut, Sprei, Baju Renang, dan lainnya. Oiya mesin ini dijual dengan harga mulai 100 Jutaan aja.

5.  Mesin Cutting Sticker HANA Flatbed A3+

Mesin Cutting Sticker HANA Flatbed A3+ ini merupakan mesin andalan para pebisnis kemasan digital. Karena memiliki 3 fungsi yaitu cutting kiss cut (setengah putus), die cut (cutting putus), dan creasing (membuat jalur lipat). Mesin cutting dengan area kerja 330mm x 490mm (A3+) ini juga memiliki tingkat presisi potong hingga 0,15 mm dan ketebalan potong hingga 1,2 mm.

Mesin cutting sticker HANA Flatbed A3+ ini cocok bagi zainers yang memiliki kebutuhan produksi kemasan digital tanpa minimum order. Karena mesin digital ini mampu memproses request pola kemasan sesuai desain yang ada.

Baca Juga

One thought on “5 Ide Usaha di Bulan Ramadhan

Comments are closed.